Kamis, 03 September 2015

Mewarnai Secret Garden

Akhir bulan lalu buku yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang. Buku apakah ituuu?
Nih... buku mewarnai judulnya Secret Garden karya Johanna Basford.

Sumber: The New York Times

Awalnya, saya dikenalkan pada Secret Garden oleh salah satu rekan kerja, lewat berita di The New York Times. Itu sekitar akhir Maret 2015. Berhubung saya memang suka menggambar dan mewarnai, saya langsung tertarik, dan mencari tahu lebih banyak tentang buku ini. Dari sebuah artikel di Buzzfeed, saya jadi tahu bahwa buku mewarnai dari Johanna Basford bukan hanya Secret Garden, tapi ada juga Enchanted Forest. Saya langsung jatuh cinta. Bagaimana tidak? Ilustrasi-ilustrasinya sangat cantik.

Johanna Basford
Sumber: Buzzfeed

Sayangnya... kedua buku ini sedang habis stoknya (saya mengonfirmasinya sendiri di situs Periplus online). Entah kapan akan tersedia lagi. Tapi saya tidak putus harapan. Berhubung pertengahan April ada tugas kantor ke Malaysia, saya berniat untuk mencari buku-buku ini di toko buku sana. Barangkali mereka masih punya stok.

Ah, ternyata saya masih belum berjodoh dengan Secret Garden dan Enchanted Forest. Karena dari tiga toko buku yang saya datangi di Kuala Lumpur, yakni MPH, Popular, dan Kinokuniya, tidak satu pun yang memiliki stok kedua buku mewarnai yang saya cari.

Sekitar Bulan Juni atau Juli kemarin (saya lupa) akhirnya Periplus memberi kabar bahwa stok Secret Garden sudah tersedia. Saya menunda memesannya hingga awal Agustus, maksudnya saya ingin buku itu jadi hadiah ultah bagi diri sendiri #norak :p

Oh iya, saya hanya memesan Secret Garden, tidak bersama dengan Enchanted Forest, karena harganya cukup menguras rekening tabungan... huhu... Saya pikir, nanti saja beli Enchanted Forest-nya, kalau sudah selesai mewarnai semua ilustrasi dalam Secret Garden. Kebetulan, rekan kantor ada yang punya buku itu, jadi saya bisa pinjam dan melihat-lihat bagian dalamnya. Ternyata isinya tidak jauh berbeda dengan Secret Garden, cuma ada naganya sih... yang bikin mupeng :))

Sumber: Buzzfeed
Saya lebih tertarik pada Lost Ocean, buku ketiga Johanna Basford yang baru akan terbit Oktober 2015 nanti. Sepertinya ini akan lebih mengasyikkan bagi saya yang pencinta warna biru, karena laut kan identik dengan warna biru (dan toska).



Oke. Sekarang kita fokus ke Secret Garden. Buku ini terdiri dari total 48 lembar (termasuk halaman copyright dll). Kertasnya tebal, entah jenisnya apa, jadi saya rasa jika kita mewarnai pakai spidol pun tidak akan tembus ke halaman di baliknya. Walaupun buku ini cukup tebal untuk ukuran buku mewarnai, buku ini dijahit, bukan dilem, jadi tidak perlu khawatir halamannya akan lepas-lepas karena terlalu sering dibuka lebar.

Di bagian kiri bisa dilihat jahitan bukunya.

Sesuai dengan judulnya, tentu temanya taman, dan ilustrasi yang ada di dalamnya berkisar seputar pepohonan, bunga-bunga, dedaunan, hewan-hewan mungil, dan... serangga. Yang terakhir itu yang paling bikin saya malas mewarnainya :p
Ada juga bagian-bagian di mana kita diminta menambahkan ilustrasi kita sendiri. Kata rekan kerja saya, "ini sih ilustratornya malas! Aku kan mau mewarnai, bukan menggambar." :))

Ini mimpi buruk bagi saya :'(
Bayangkan kalau serangga-serangga itu merayap di badan... hiii!

Sejauh ini saya baru mewarnai sampul depan-belakang, halaman judul, dan halaman nama pemilik buku. Alat pewarna yang saya gunakan adalah pensil warna dan fineliner (saya tidak tahu istilah lainnya apa). Untuk bidang yang luas, mewarnai dengan pensil warna lebih enak, tapi untuk bidang yang kecil, fineliner lebih pas, karena ujungnya runcing dan tidak perlu terus menerus diraut. Warna yang dihasilkan oleh fineliner cenderung lebih gelap. Mungkin nanti saya akan coba juga alat pewarna lainnya, misalnya pulpen glitter...

Sampul bukunya bisa diwarnai.
Bukunya pakai jaket, dan jaketnya juga bisa diwarnai...
Saya berjanji pada diri sendiri untuk mewarnai secara berurutan dari halaman awal sampai akhir. Yah, kita lihat saja apakah saya bisa menepati janji itu :D Saya akan mengunggah perkembangannya di akun Instagram saya, @dblueholic


Bagi saya, kegiatan mewarnai ini paling pas dilakukan sambil mendengarkan cerita horor di radio (maksudnya Nightmare Side Ardan :p) atau mendengarkan audio book. Ini juga bisa dilakukan sembari menunggu seseorang atau mengantri sesuatu. Kalau malas bawa banyak alat pewarna (pensil atau spidol warna), bawa saja beberapa batang, jangan satu pak.

Nah, selamat mewarnai!

15 komentar:

  1. Dulu emang kayaknya langka soalnya stock out mulu, tapi sekarang...dimana - mana ada. Bahkan Kinokuniya pun jual dan Gramed aja ikutan nerbitin #fliptable. Lagi happening sih emang ya, hahaha

    Omong2, aku tahu Secret Garden awalnya dari dirimu malah Mba Dyah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain dari BundEs :))
      Setelah membanding-bandingkan dengan buku-buku mewarnai yang lain, saya paling suka karya-karyanya Johanna Basford... mungkin soal selera aja sih ya ^_^

      Hapus
  2. Setelah liat beberapa videonya di youtube rasanya langsung jadi ngiler, pingin ikutan mewarnai.
    Btw Mba Dyah, bagi2 tips donk,, tools nya apa aja yang sekiranya dibutuhkan selain pensil warna, biar bisa menghidupkan suasana gardennya... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Mbak Anna :)
      Menurut saya, yang paling penting dalam mewarnai adalah... bebaskan saja :)) tak perlu terbelenggu oleh aturan2. Malah, mewarnai keluar dari garis pun tak apa2 :D
      Ini ada tips2 mewarnai dari Johanna Basford langsung...
      https://www.youtube.com/watch?v=z6rd7PDAMJY
      Kalau soal peralatan, selain pensil warna, saya pakai spidol dan fineliner. Kalau spidol kan ujungnya cenderung bulat dan besar, kalau fineliner itu ujungnya tajam... ini cocok untuk mewarnai bidang-bidang yang kecil. Coba juga pakai pulpen glitter.
      Selamat mewarnai :)

      Hapus
  3. mbaa beli bukunya harga brp yaa? aku seneng gambar apalagi pas liat acaranya Taeyeon di snsd channel jadi langsung pengen beli hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli di Periplus seharga 224rb, terbitan Laurence King Publishing (luar negeri). Kalau versi lokal, sudah diterbitkan oleh Gramedia seharga 135rb...katanya beda jenis kertas. Tapi saya kurang tahu perbedaannya seperti apa karena saya belum lihat yang versi lokal ^^

      Hapus
  4. kalau buku yang terbitan luar negeri belinya dimana teh? krn di Bandung hanya ada gramedia. mau beli onlen pake CC takut knp2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Gramedia Merdeka Bandung, bagian buku-buku impor ga ada? Coba cari di Periplus Setiabudhi, setahu saya di situ cukup lengkap. Telepon aja dulu tokonya.
      Kalau mau beli online, bisa coba di Periplus.com bayarnya transfer ATM biasa, tidak perlu pakai CC. Cuma nunggunya mungkin agak lama kalau barangnya sedang tidak ready stock, karena harus dikirim dari luar negeri.
      http://www.periplus.com/p/9781780671062/secret-garden-an-inky-treasure-hunt-and-coloring-book

      Hapus
  5. Teh ternyata ada ya periplus di bandung... hihihi.. maklum pendatang #padahaldah5th. Bagus yang mana mba serinya? kira-kira kalo mewarnai bagusnya dg spidol?bolpoin warna?pensil warna?krayon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga-tiganya bagus, jadi pilih sesuai selera saja...
      Secret Garden isinya lebih ke bunga, daun, serangga, binatang2 kecil.
      Enchanted Forest isinya seputaran hutan, kastel, binatang-binatang besar.
      Lost Ocean isinya seputaran laut dan flora faunanya.

      Untuk alat mewarnai, saya rekomendasikan spidol dan pensil warna. Sedangkan krayon cocok dipakai untuk mewarnai latar belakang atau bidang2 yang luas.

      Hapus
  6. Ada info gak kalo buku mewarnai versi korea beli dimana ya kalo di Jakarta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dicoba cari di toko2 buku impor, seperti Kinokuniya. Tapi saya tidak hafal lokasi nya di mana saja, jadi coba cari infonya di Google.

      Hapus
  7. Ka, aku mau tanya juga ya..
    Aku malah kwpikiran beli drawing book for adult nya yang made in ina. Soalnya cuma 70rb murah banget kan?! Tapi pengen ngewarnainnya pakai watercolor yang portable ka, takutnya kalau yg made in ina itu tembus ga ya, kalau yang Johanna Basford ini tebel kan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secret Garden terbitan luar negeri itu kertasnya tebal, tapi saya belum pernah coba mewarnai dgn watercolor, jd saya kurang tahu bakal tembus atau tdk. Tapi mestinya sih tidak tembus ya (saya mewarnai dgn Koi brush yg bahan dasarnya air juga tdk tembus kok.

      Hapus
    2. Sekadar saran, kalau memang budgetnya ada, beli aja yg versi Indonesia itu... lalu coba pulaskan watercolor-nya di halaman paling belakang utk mencoba dulu tembus atau tdk.

      Maaf ya jawaban saya tdk banyak membantu.. ^^'

      Hapus